Sekolah-sekolah Di Dunia Yang Tidak Memberi PR

Sekolah merupakan sebuah jalur resmi untuk mendapatkan pendidikan yang biasanya diatur oleh pemerintah. Pemerintah dalam hal ini kementrian pendidikan akan menentukan kurikulum yang wajib diikuti oleh sekolah-sekolah terutama yang berstatus sekolah negeri.

Masalahnya kurikulum yang sering berubah-ubah dari satu menteri pendidikan ke menteri pendidikan lain membuat siswa dan para guru pusing dibuatnya. Meski semua kementrian dari masa ke masa bertujuan agar pendidikan Indonesia membaik.

Kurikulum pendidikan yang diterapkan di beberapa negara baik di Indonesia dan luar negeri ada yang bersifat longgar ada yang bersifat super ketat. Pemberian tugas di rumah untuk siswa yang biasa disebut PR dimaksudkan agar siswa dapat mengulang pelajaran sekaligus menajamkan pemahaman materi yang ia pelajari di sekolah.

Namun PR bagi siswa tak selamanya berfungsi seperti yang diharapkan,kadang justru membuat siswa menjadi kelelahan dalam belajar saking banyaknya PR yang harus ia kerjakan.
Alhasil banyak siswa yang membenci PR karena dianggap membuat kelelahan belajar dan mengurangi jam bermain dan istirahat mereka.

Hal ini ternyata membuat sejumlah negara menerapkan aturan yang berbeda dengan sekolah-sekolah  di negara lain,yaitu tidak memberikan PR bagi siswanya.
Dan anehnya sistem pendidikan di salah satu negara ini malah mendapatkan predikat terbaik di dunia.

Negaranegara Di Dunia Yang Sekolahnya Tidak Memberikan PR Kepada Siswanya Adalah;

1. Finlandia

Negara asal merk Handphone terkemuka dunia "NOKIA",adalah negara yang guru-gurunya tidak memberikan PR buat para siswanya. Bukan itu saja mereka juga tidak memberikan banyak tes dan banyak ujian bagi siswanya.

Karena mereka berpendapat jika ujian atau tes-tes itu bisa menghancurkan tujuan utama siswa dalam belajar. Mereka juga tidak menerapkan sistem ranking dalam menilai siswa-siswanya,karena mereka berpendapat jika semua siswa adalah sama. Dan jam pelajaran disekolah-sekolah Finlandia juga lebih singkat loh dibanding negara-negara lain,tapi kerennya,mutu pendidikan mereka adalah yang terbaik di dunia.

Finland University


2. Norwegia

Di Norwegia ada sekolah yang tidak memberikan PR kepada siswanya untuk memberikan siswanya waktu yang lebih banyak dengan keluarganya. Keren banget kan

3. Amerika

Di California,Amerika juga ada sekolah/akademi yang tidak memberikan PR kepada siswanya.
Karena mereka berpendapat metode pembelajaran yang diajarkan disekolah sudah tepat,sehingga PR tidak terlalu diperlukan.

Gimana sobat asyik,kalian setuju gak kalau sekolah-sekolah di Indonesia juga meniru kebijakan mereka..?!'

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel