3 Manfaat Petir Bagi Kehidupan Manusia

3 Manfaat Petir Untuk Alam Semesta

Petir atau kilat biasanya terjadi di saat musim penghujan. Peristiwa terbentuknya petir dikarenakan adanya perbedaan tekanan suhu yang ekstrim antara awan dengan bumi atau awan dengan awan,sehingga terjadilah gesekan yang memunculkan muatan listrik. 

Gesekan bermuatan listrik itu menghasilkan kilat atau cahaya terang yang membelah langit berawan dan biasanya diiringi dengan suara menggelegar dan gemuruh. Kecepatan petir atau halilintar bisa mencapai 1km per 3 detik. 

Petir tentu saja sangat berbahaya,karena bisa menyambar dan menghanguskan obyek apa saja termasuk manusia. Hal ini disebabkan karena petir bermuatan listrik bertegangan tinggi. Namun tahukah Anda jika petir ternyata juga sangat bermanfaat bagi alam?

Manfaat Petir atau Geledek Bagi Alam dan Manusia;

1. Menyuburkan tanah

Saat petir menyambar ke bumi maka dia akan memicu reaksi kimia antara molekul gas didalam tanah. Maka akan terbentuklah gas amonia (NH3). Gas amonia yang terkena hujan ini akan berubah jadi amonia cair yang akan menyuburkan tanah. Senyawa lain yang juga terbentuk dan akan menyuburkan tanah juga adalah senyawa nitrat (HNO3)

2. Membentuk lapisan ozon

Petir yang menyambar dilapisan oksigen (O2) akan memicu terbentuknya ozon (O3). Manfaat lapisan ozon adalah untuk melindungi bumi dari jatuhnya meteor atau benda-benda lain dalam tata surya. Selain itu ozon juga bermanfaat untuk mengurangi radiasi sinar ultraviolet dari matahari.

3. Membunuh Bakteri

Karena petir bermuatan listrik dan sangat panas hingga mencapai 2000 an derajat celcius lebih,maka petir akan membuat udara disekitarnya panas,sehingga bakteri berbahaya yang ada diudara sekitarnya  banyak yang mati.

Cara Menghindari Bahaya Petir

1.Jauhi areal atau lapangan terbuka
2.Jangan berdiri didekat objek yang tinggi,seperti pohon
3.Jangan berpegangan pada benda yang mengandung logam atau yang bisa menghantarkan listrik.

Daerah di Indonesia yang rawan petir atau punya frekuensi tinggi tempat terjadinya petir adalah daerah Depok,Jawabarat. Sementara di luar negeri tempat terjadinya petir paling sering di dunia berada di negara Venezuella. Di Venezuella bahkan Petir dijadikan paket tour bagi wisatawan.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel