5 Tips Cerdas Membeli Sepatu Yang Tepat

5 Tips Cerdas Membeli Sepatu Yang Tepat

Sepatu bukan lagi sekedar barang pelindung kaki. Tapi merupakan bagian penting dari keseluruhan gaya berbusana kita. Item fashion yang satu ini juga punya sejarah tersendiri sampai dipakai oleh kebanyakan umat manusia dunia.

Sejarah Terciptanya Sepatu

Dikutip dari Tulisan Zainudin HM di Historia,sepatu sudah ditemukan sekitar 8000 SM ketika jaman es masih berlangsung,sekitar 5 juta tahun yang lalu. Penemuan tertua itu berada di wilayah Missouri,Amerika Serikat.

Penemuan-penemuan sepatu berikutnya berasal dari peradaban Mesir Kuno,Yunani Kuno,China Kuno dan bangsa Viking. Sepatu dari Yunani Kuno punya ciri tali yangbanyak yang diikat keatas,sedangkan dari MesirKuno punya corak lukisan yang Indah.

Fungsi sepatu dari jaman kuno hingga sekarang juga sama,untuk melindungi kaki dari benda-benda tajam,panas matahari,suhu yang dingin dan menunjukkan status sosial juga. Setidaknya sepatu dari Mesir Kuno yang dilukis indah biasanya hanya dipakai bangsawan.

Jaman sekarang sepatu sudah memiliki berbagai bentuk dan fungsinya sendiri-sendiri. Dari sepatu santai,sepatu buat pesta maupun sepatu untuk berbagai keperluan olahraga. Dari yang bentuknya teplek,kets,tebal,tipis,sampai berhak tinggi.

Pabrik-pabrik sepatu pun mulai menjamur dimana-mana untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Membeli sepatu pun bisa dimana saja,dari lapak kaki lima,toko sepatu maupun counter sepatu mahal yang ada di mall.Tapi ada beberapa tips agar sepatu yang kita beli bisa pas,dan tidak menimbulkan masalah di kaki.

Tips Membeli Sepatu

1. Jangan Jadikan Ukuran Sebagai Patokan

Membeli sepatu memang sebaiknya secara langsung di tokonya agar kita bisa mencoba langsung. Bagaimanapun ukuran seringkali tidak sesuai dengan kenyamanan kaki. 

2. Ketika mencoba sepatu berjalan-jalanlah sebentar di lantai biasa bukan yang berkarpet. 
Hal ini disebabkan karena bahan karpet membuat sepatu apa saja terasa lebih nyaman,padahal kita akan berjalan dengan sepatu tersebut diberbagai medan jalan.

3. Belilah sepatu dengan kualitas bagus,bahan kulit atau sintetis memang lebih baik

Cara mengecek kualitas bahan sepatu yang baik cobalah membengkokan sepatu sedikit,jika cepat kembali ke semula,maka bahannya pasti bagus. Agak mahal sedikit tidak apa-apa. Karena barang mahal pasti awet dan justru hemat uang,karena kita tidak perlu sering mengganti sepatu.

4. Belilah sepatu pada sore hari. 

Karena pada sore hari ukuran kaki berada pada posisi maksimal. Jadi hal ini akan memghindarkan kita dari masalah sepatu kesempitan atau kekecilan.

5. Saat membeli sepatu dan mencobanya,pastikan ada ruang tersisa sekitar 1,2 cm untuk memberi kenyamanan pada kaki kita. 

Caranya mudah,cukup masukkan jari telunjuk ke bagian belakang sepatu yang dekat dengan tumit.

Itulah tips membeli sepatu agar kita mudah mengidentifikasi sepatu mana yang nyaman dan sesuai dengan kaki kita. Agar fungsi sepatu untuk kebutuhan pelindung kaki dan fashion bisa terpenuhi sempurna. Selamat berbelanja!"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel