5 Film Luar Negeri Tentang Toleransi Beragama

Masalah toleransi dan rasisme merupakan isu penting yang menghiasi dunia. Masalahnya dua hal tersebut bisa merupakan benih tumbuhnya kebencian antar umat beragama dan ras. Kalau sentimen antar ras dan antar umat beragama ini dibiarkan maka,akan menganggu proses kedamaian suatu negara dan dunia.

Tidak dipungkiri pula bahwa kebencian antar ras dan antar agama akan mengantarkan seseorang atau sekelompok orang bertindak diskriminatif sehingga memicu tindak kekerasan baik dari pihak yang menindas maupun yang ditindas sebagai bentuk balas dendam.

Permasalahan ini tentunya juga disadari oleh para sineas dunia,sehingga mereka mencoba membuat film yang bisa menggugah rasa toleransi kita terhadap kehidupan umat beragama lain. Bahkan film-film bertema toleransi ini dibuatkan sebuah Festival Film.

Festival film toleransi kelas dunia pernah dilangsungkan di Indonesia pada November 2017 lalu di Bali dan Jakarta. Festival Tersebut diberi nama International Film Festival for Spiritualy,Religion,and Visionary (IFFSRV).

Acara festival film toleransi dan spiritualitas tersebut digelar oleh Perserikatan Bangsa Bangsa dalam rangka memperingati Hari Toleransi Sedunia setiap tanggal 16 November.
Nah karena pentingnya toleransi dalam beragama guna menjaga kedamaian dunia ini,maka "Unik Seru Lucu" akan membagikan daftar film toleransi luar negeri yang bagus buat ditonton.

5 Film Luar Negeri Bertema Toleransi Adalah;

1. Film The Return-Bazgasht

5 Film Barat Tentang Toleransi Beragama

Film asal Iran karya Yousef  Hatamika "The Return-Bazgasht" menceritakan tentang seorang narapidana beragama Kristen yang meminta konseling seorang pastor sebelum ia dieksekusi.
Namun karena terbatasnya jumlah pastor di negara itu ,ia malah dikirimi seorang ustadz untuk mendo'akannya.

Film Unik dan menggelitik ini memang pantas menyabet penghargaan sebagai film terbaik IFFSRV tahun 2017 di Jakarta-Bali lalu.

2. Film Kawomera:Plant,Pray,Partner For Peace


5 Film Barat Tentang Toleransi Beragama

Film asal Amerika ini menceritakan tentang 3 orang petani kopi beda agama yakni orangYahudi,Kristen dan Islam yang hidup dalam damai dilingkungan pertanian mereka.

3. Life Of Pi

5 Film Luar Negeri Tantang Toleransi Beragama

Film karya sutradara Ang Lee ini memang tema utamanya film tentang persahabatan seorang manusia dengan macan,namun ada sentuhan religius yang unik dalam film ini. Pi sang tokoh sentral merupakan seorang anak yang tertarik untuk mendalami berbagai ajaran agama.

Ia belajar,Islam,Kristen dan Hindu sekaligus dan memutuskan untuk menganut semua agama  tersebut. Namun ayahnya sangat menentang keras keputusannya,sampai Pi akhirnya mengalami tragedi yang membuatnya terombang ambing di dalam sebuah sekoci bersama seekor harimau di tengah Samudra Pasifik.

4. The13th Warrior


5 Film Luar Negeri Tantang Toleransi Beragama

Film yang dibintangi oleh Antonio Banderas yang berperan sebagai seorang muslim dari Baghdad bernama Ahmed Bin Fadlan. Ahmed ingin membantu bangsa Viking melawan musuh bertopeng tengkorak yang kuat.
Sayangnya Ahmed tidak bisa menggunakan senjata khas berupa pedang milik bangsa Viking. Merekapun berinisiatif membuatkan pedang khas Baghdad yang bentuknya seperti bulan sabit (Arit kalik). Barulah si Ahmed ini bisa menunjukkan kelihaian perangnya yang sesungguhnya,sehingga bisa membantu menumpas musuh bangsa Viking bersama mereka.

5. PK


5 Film Luar Negeri Tantang Toleransi Beragama

Tentu saja film India Aamir Khan yang sangat terkenal dan fenomenal PK harus masuk dalam setiap daftar film toleransi yang dibuat. Karena film ini sempurna kocaknya,menyentuh jalan ceritanya dan sangat bernuansa toleransi. Bagi yang belum menonton film ini dan tidak tertarik nonton,rugi banget lah.

Itulah daftar film toleransi barat yang bagus untuk ditonton biar kita sebagai bangsa denga umat beragama beragam nggak sepaneng dalam beragama dan bisa belajar menghargai agama dan umat lain.Karena anak muda koq rasis dan intoleran,sangatlah kuno dan menyebalkan.

0 Response to "5 Film Luar Negeri Tentang Toleransi Beragama"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel