Duluan Mana Alfamart sama Indomaret Dan Apakah Bossnya Sama?

Duluan Mana Alfamart sama Indomaret Dan Apakah Bossnya Sama?

Dua waralaba minimarket kenamaan asal Indonesia yang saat ini paling terkenal,karena ekspansi gerainya  yang mencapai kota-kota kecil bahkan desa,adalah Indomaret dan Alfamart.

Meskipun sekarang bermunculan waralaba minimarket baru seperti 212 Mart,Coco Mart,OK OC Mart.tetap saja dominasi mereka sulit terkalahkan. Mereka mendominasi lebih dari 80% pasar ritel di Indonesia.

Mana Sih Yang Duluan Hadir,Alfamart Apa Indomaret

Pertanyaan di atas mungkin sering muncul di kepala Anda,mana antara kedua ritel ini yang hadir duluan? Jawabannya adalah Indomaret.

Indomaret hadir sejak tahun 1988 dengan membuka toko pertamanya di Ancol,Jakarta. Baru pada tahun  1989,setahun kemudian Alfamart berdiri dengan membuka toko pertamanya di kawasan Karawaci,Tangerang. Sebenarnya,Alfa menggunakan nama resmi Alfamart pada tahun 1999.

Pada Juli 2019 saja,PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT),tercatat punya gerai  Alfamart sebanyak 13.726,sedangkan Indomaret sampai September 2019,dilaporkan memiliki jumlah gerai sebanyak 17.308 gerai.

Saat ini kantor pusat Indomaret berada di kawasan Ancol,Jakarta Pusat,sedangkan Alfamart yang berdiri di wilayah Tangerang,punya kantor pusat sekaligus gerai spesial yang ada di Jl.  MH Thamrin No.9 Cikokol,Tangerang.

Apakah Boss Alfamart Dan Indomaret Sama?

Yang unik dari dua gerai minimarket kenamaan ini adalah lokasi tempat toko mereka berdiri yang seringkali tak berjauhan,bahkan berdampingan. Orang-orang jadi bertanya-tanya apakah boss atau pemilik mereka sama? Apakah mereka berasal dari perusahaan yang sama?

Jawabannya adalah tidak.  Indomaret dikelola oleh perusahaan bernama PT. Indomarco Prismatama,yang mana perusahaan tersebut milik Salim Grup. Sementara Alfamart dikelola oleh PT. Sumber Alfaria  Trijaya Tbk,milik pengusaha "Djoko Susanto".

Kenapa Minimarket Alfa dan Indomaret Sering Berdekatan?

Alasan yang masuk akal dari seringnya dua gerai ini mengambil lokasi berdekatan bahkan bersebelahan  adalah persaingan bisnis.

Siapapun yang mendirikan gerai pertama di lokasi tersebut,sudah pasti telah melakukan penelitian tentang potensi pasar daerah tersebut,maka yang lainnya tinggal mendirikan toko saja,untuk menggelar lapaknya juga.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel