Mengenal Ikan Tilan Yang Mirip Ular Namun Enak Dikonsumsi Dan Dijadikan Ikan Hias

Mengenal Ikan Tilan Yang Mirip Ular Namun Enak Dikonsumsi Dan Dijadikan Ikan Hias

Sekilas melihat penampakan ikan tilan atau ikan sili ini memang mengerikan. Corak dikulitnya mirip ular piton. Bentuk tubuhnya yang besar sebesar betis orang dewasa ini juga  menambah aura seram ikan unik satu ini.

Ikan Tilan banyak ditemukan di daerah Sumatera,Kalimantan dan beberapa daerah di pulau Jawa. Bagi orang di pulau jawa ikan ini banyak dikenal sebagai ikan sili. Nama ilmiah dari ikan Tilan adalah Mastacembelus Argus.

Ikan Tilan ternyata tidak hanya ditemukan di Indonesia,tapi di sejumlah negara Asia seperti Malaysia, Thailand,Vietnam dan Kamboja. Ikan ini masuk ke jenis ikan tawar dan punya corak warna yang berbeda.

Ada setidaknya 3 jenis corak warna pada ikan Tilan yang umum ditemukan yakni merah,kuning dan hitam. Ikan Tilan bermulut runcing dan berekor pipih.

Ikan Sili  atau Tilan ini biasa dipancing di sungai-sungai besar seperti Sungai Musi di Palembang,Sumatera Selatan. Tekstur dan rasa ikan ini mirip dengan ikan lele,dagingnya lembut dan gurih dimakan.

Selain bisa dimakan,ikan Tilan atau Sili ini juga marak dijadikan sebagai ikan hias. Salah satu jenisnya yakni Sili Api (Fire eel) banyak diperjualbelikan tukang ikan hias,baik online maupun offline.

Sayangnya keberadaan ikan ini sudah langka,ditandai dengan jumlah populasinya yang terus menurun. Di Thailand ikan ini sudah hampir punah dan harus dilakukan tindakan konservasi untuk mencegah kepunahan akibat penangkapan besar-besaran oleh para nelayan.

Patung Ikan Tilan di Pulau Tilan

Mengenal Ikan Tilan Yang Mirip Ular Namun Enak Dikonsumsi Dan Dijadikan Ikan Hias
Doc:@awienstjunior
Sangking unik,enak dan iconicnya ikan satu ini,sampai-sampai dibuatkan sebuah patung. Patung ikan Tilan  terdapat di Pulau Tilan. Objek wisata yang masih terus dibenahi ini didalamnya terdapat danau dengan gazebo,perahu dan patung ikan tilan.

Objek wisata unik Pulau Tilan terdapat di daerah Rantau Bais,Rokan Hilir,Riau. Karena keberadaannya yang berada di aliran sungai Rokan,maka untuk mencapai kawasan wisata tersebut harus menggunakan perahu,namun ke depannya rencananya akan dibangun jembatan gantung.




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel