Sejarah, Asal Usul Dan Makna Simbol Mangkuk Ayam

Sejarah, Asal Usul Dan Makna Simbol Mangkuk Ayam

Hari ini, tanggal 12 September 2022, google doodle merilis gambar unik "mangkuk ayam atau Rooster Bowl". Ada apa sebenarnya?

Mangkuk ayam di Indonesia biasanya sering kita jumpai, digunakan oleh tukang bakso atau mie ayam dalam menyajikan dagangannya. Perkakas ini merupakan wadah legendaris mereka. Kita juga sering melihaat penampakkanya di film-film maupun seni bela diri asal Cina.

Belakangan corak mangkuk ayam ini, kembali jadi trend dan diproduksi tidak hanya dalam bentuk mangkok dan cangkir saja, tapi merambah ke berbagai produk fashion seperti, tas, sepatu, baju dan lain sebagainya.

Bagaimana sih sebenarnya sejarah asal usul mangkuk gambar ayam jago legendaris, yang belakangan hits lagi, dan dijual di banyak market place di Indonesia ini?


Asal Usul / Sejarah "Mangkuk Ayam / Rooster Bowl"

Rooster Bowl alias mangkuk ayam, berasal dari China, tepatnya di sebuah propinsi penghasil keramik bernama "Xianjing" (era Dinasti Ming) pada saat pemerintahan kaisar Cheng-Hua antara tahun 1465-1487.

Awalnya seorang pengrajin keramik di daerah tersebut, melukisnya dengan tangan. Kaisar Cheng-Hua memesan sepasang cawan bergambar ayam jago, ayam betina dan anak ayam, sebagai hadiah istimewa untuk istrinya.

Dalam bahasa Cina, cawan ayam disebut Jigangbei, yang berarti kemakmuran. Ternyata kaisar-kaisar setelahnya, juga sangat menyukai model cawan ayam tersebut.

Seiring berjalannya waktu, gambar ayamnya, tinggal ayam jago  saja. Hal tersebut, tak lepas dari budaya patriarki di negara Cina, yang  menganggap anak lelaki lebih banyak mendatangkan keberuntungan dan rejeki.

Selanjutnya, desain cawan ayam juga berkembang, tak hanya ayam jago  saja, tapi juga ada gambar bunga peony dan pohon/daun pisang.


Makna / Arti Dari Simbol Di Mangkuk Ayam atau Rooster Bowl

1. Ayam Jago

Ji dalam kata Jigangbae berarti ayam, pelafalannya mirip  rumah atau keluarga. Seperti yang dikatakan di atas, dipilihnya simbol ayam jago, karena budaya patriarki yang menganggap anak laki-laki sebagai sumber keberuntungan

2. Bunga Peony

Bunga peoni dalam mangkuk ayam atau rooster bowl tersebut, bermakna sebagai status sosial, kemakmuram dan kekayaan.

3. Daun pisang

Daun pisang yang lebar dalam mangkuk bergambar ayam, bermakna sebagai simbol keberuntungan dan bisa menjadi tempat bernaung keluarga.

Jadi arti simbol-simbol gambar pada "Mangkuk Ayam atau Rooster Bowl" adalah sebagai pembawa keberuntungan, kekayaan, status sosial dan tempat perlindungan bagi sebuah keluarga.

Perkakas cawan ayam ini, selanjutnya juga jadi salah satu barang/cindera mata istimewa yang dibawa pada saat seserahan pengantin di Cina.


Sejarah "Mangkuk Ayam" di Indonesia

Sebelum abad 20, pabrik mangkuk / cawan keramik bergambar ayam, berdiri di propinsi Guangdong, China, sehingga lebih banyak lagi, keluarga orang awam bisa memilikinya. Dari sanalah, cawan ini mulai dibawa para imigran China ke berbagai belahan dunia.

Di Asia Tenggara termasuk Indonesia, mangkuk atau cawan ayam ini, dibawa para imigran asal Tiongkok pada awal abad ke 20, sebagai salah satu harta berharga milik keluarga.

Tahun 2017, sebuah perusahaan asal Indonesia bernama "PT Lucky Indah Keramik" mendaftarkan hak paten desain ayam yang ada pada mangkuk ayam yang biasa kita lihat, sebagai milik mereka. Sehingga para pemakai ilegal desain tersebut, bisa dituntut sampai sebanyak 2 Milyar.

Pada tahun 2014, mangkuk / Cawan ayam yang asli yang hanya berjumlah 4 buah, milik kaisar Cheghua dulu itu, pernah dilelang dan laku seharga 36,3 juta US dolar. 1 dolar hari ini setara Rp 14.800,- ya.

.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel