Profil Dan Kisah "Gerald Jerry Lawson" Bapak Game Modern

Gerry Jerry Lawson penemu permainan video game
Gerald "Jerry" Lawson

Hari ini "Google Doodle" menampilkan sosok penemu pertama game konsol Gerald Jerry Lawson.  Orang kulit hitam pertama, yang berhasil mendirikan perusahaan game-nya sendiri dan menemukan cikal bakal permainan game modern.

Dia adalah "Bapak Game Modern" yang pertama menciptakan game interaktif dengan menggunakan joystick, yang akhirnya membuat kita bisa bermain dan bertanding game bersama orang lain.

Dalam Google Doodle tersebut ditampilkan 3 game dari Davionne Gooden, Lauren Brown dan Momo Pixel. Sementara itu dua anak Lawson yakni Anderson dan Karen Lawson ikut berkolaborasi merancang doodle mendiang ayah mereka ini.


Profil Gerald Jerry Lawson

Name: Gerald "Jerry" Lawson

Tempat Lahir: Brooklyn, Newyork, USA

Tanggal Lahir: 1 Desember 1940

Tanggal Meninggal: 9 April 2011

Pendidikan:  Queen College dan City College Of Newyork 


Kisah Hidup Gerald Jerry Lawson

Bakat Lawson dibidang teknik komputer telah Ia miliki sejak kecil. Ia suka sekali mengotak atik barang elektronik di rumahnya, bahkan memperbaiki televisi dan perangkat lain milik para tetangganya. Ia juga berhasil membuat stasiun radio-nya sendiri.

Sejatinya Gerald Jerry Lawson meninggalkan bangku kuliah sebelum tamat. Ia kemudian bergabung dengan perusahaan Fairchild Semiconductor di kota Palo Alto California, yang nantinya kawasan ini dikenal sebagai "Silicon Valley"

Mengingat bakat dan kecerdasannya, hanya butuh beberapa tahun, Ia telah menduduki posisi sebagai Direktur Teknik dan Pemasaran Video Game.

Lawson memimpin pengembangan sistem Fairchild Channel F yang kemudian berhasil menemukan permainan game konsol cartridges dengan joystick 8 arah termasuk tombol pause.

Temuan inilah yang membuka jalan bagi sistem permainan masa depan yang lebih canggih seperti sekarang. Pada tahun 1980 "Gerald Jerry Lawson" meninggalkan perusahaan Fairchild Semiconductor dan mendirikan perusahaan sendiri bernama "Video Soft"

Lawson dan Video Soft berhasil mengembangkan software untuk Atari 2600 yang lebih mempopulerkan lagi permainan cartridges. Sayangnya 5 tahun kemudian perusahaannya ditutup. Ia kemudian meninggal pada tanggal 9 April 2011 diusianya yang ke 71 tahun.

Pada tahun 2011 "International Game Developers Associations" (IGDA) menetapkan Gerald Jerry Lawson sebagai pelopor / perintis permainan game modern.

Sebuah yayasan bernama "Gerald A Lawson Fund" yang membiayai mahasiswa kurang mampu yang tertarik belajar di bidang design game dan ilmu komputer, didirikan oleh University Of Southern California, untuk menghormati jasa-jasanya.







Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel