Unik! Beberapa Masjid Berikut Ini,Ibadah Sholat Tarawihnya Diadakan Tengah Malam

Unik! Beberapa Masjid Berikut Ini,Ibadah Sholat Tarawihnya Diadakan Tengah Malam
pic : njogja.co.id

Sholat Tarawih merupakan bagian dari sholat sunnah yang hanya bisa dilakukan saat bulan Ramadhan. Jumlah raka'at dalam sholat sunnah tarawih yang jamak dilakukan di Indonesia adalah 11 dan 23 raka'at termasuk sholat witir.

Sholat tarawih biasanya dilakukan di masjid secara berjama'ah meski bisa dilakukan sendiri di rumah. Hal ini tentu berkaitan dengan jumlah pahala yang akan berkali lipat bila dilakukan secara bersama-sama/ berjama'ah di masjid.

Waktu melakukan sholat tarawih di masjid-masjid di Indonesia umumnya selepas sholat fardlu Isya. Waktu ini dirasa pas,karena memberi waktu untuk yang berbuka puasa dan agar umat islam tidak keburu ngantuk.

Selain dua alasan di atas,waktu selepas isya akan memberikan waktu lebih banyak untuk melakukan ibadah lain seperti tadarus Al Quran dan ibadah sunnah lainnya.  Tapi tahukah Anda bahwa ada beberapa masjid utamanya di Daerah Istimewa Jogjakarta yang ibadah sholat tarawihnya  dilakukan tengah malam.

Sholat berjama'ah tarawih tengah malam ini dimaksudkan agar jama'ah lebih khusuk karena tengah malam cenderung sepi. Meski beberapa masjid tersebut tak hanya menggelar sholat tarawih di tengah malam,tapi juga selepas Isya.

Daftar Masjid Yang Menggelar Sholat Tarawih Tengah Malam

1. Masjid Agung Gedhe Kauman,Jogjakarta

2. Masjid Agung Sleman,Jogjakarta

3. Masjid Agung Nurul Ummah Kotagede,Jogjakarta

4. Masjid Perak Kotagede,Jogjakarta

5. Masjid Universitas Islam Negeri (UIN) Jogjakarta

6. Masjid Nurhasani Kotagede,Jogjakarta

7. Masjid Muhtadien Kotagede,Jogjakarta

Kenapa kebanyakan lokasinya di Kotagede,Jogjakarta? Mungkin karena budaya ini  menular dan biasanya ada acara safari tarawihnya. Selain itu sholat tarawih tengah malam ini ada yang dilakukan jam 2 malam,agar bisa sekalian dilanjutkan dengan acara "Sahur Bersama"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel