Kenapa Sebutan Perawat dan Biarawati Di Gereja Sama-sama Suster?

Kenapa Sebutan Perawat dan Biarawati Di Gereja Sama-sama Suster?
ilustrasi perawat ig : @namkhing.kanyapak
Perawat adalah seseorang yang bertugas memberikan bantuan pelayanan medis kepada pasien di rumah sakit. Tugas perawat salah satunya adalah jadi asisten untuk membantu tugas dokter dalam merawat dan melakukan tindakan medis bagi pasien.

Perawat ini sebenarnya bisa menjadi sebutan untuk laki-laki maupun perempuan,tapi suster merupakan panggilan lain untuk perawat perempuan.

Sedangkan biarawati yang juga seorang wanita dan bertugas di gereja katolik di Indonesia,biasanya juga dipanggil dengan istilah suster. Mengapa bisa terjadi demikian? Mari kita ulik asal usul kata suster dulu.

Asal Usul Kata Atau Sebutan Suster

Suster berasal dari bahasa belanda yaitu Zuster yang berarti saudara perempuan. Saat orang-orang Belanda datang ke Indonesia mereka juga otomatis ikut menyebarkan agama Kristen,karena banyak yang membutuhkan gereja dan akhirnya mendirikannya di sini

Mangapa Sebutan Suster Rumah Sakit Dan Gereja Bisa Sama?

Jawabannya sudah bisa kita perkirakan dari ulasan asal kata suster tersebut. Dahulu saat orang-orang Belanda mendirikan rumah sakit,profesi perawat ini hampir tidak ada,atau memang belum ada.

Akhirnya banyak para "suster" dari gereja ini,kemudian ikut membantu merawat pasien di rumah sakit yang mereka dirikan di Indonesia. Karena itu juga bentuk pelayanan terhadap manusia dan sebagai bentuk pengabdian juga.

Makanya jangan heran kalau pakaian perawat atau suster pun mirip dengan busana biarawati. Mulai dari berbaju putih dan menggunakan penutup kepala seperti cap.

Sekarang perubahan dari segi busana memang ada,mengikuti perkembangan jaman,kebijakan rumah sakit dan keyakinan para perawat. Warnanya tak lagi harus putih,dan penutup kepalanya bisa berbeda seperti menggunakan jilbab dan lain-lain.

0 Response to "Kenapa Sebutan Perawat dan Biarawati Di Gereja Sama-sama Suster?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel