Profil Pengusaha dan Filantropis Ciputra Pembangun Ancol,Pondok Indah Dan BSD

Profil Pengusaha dan Filantropis Ciputra Pembangun Perumahan Pondok Indah Dan BSD
doc : Humas Ciputra Grup

Pada hari Rabu 27 November 2019 lalu,Pak Ciputra salah satu pengusaha sukses dan orang terkaya di Indonesia,meninggal dunia di Rumah Sakit Gleneagles Hospital di Singapura. Beliau meninggal pada pukul 01:05 waktu setempat.

Pak Ci dikenal sebagai pengusaha properti sukses yang mengembangkan kawasan perumahan elit terkenal seperti Perumahan Pondok Indah dan BSD Land di Tangerang Selatan.

Sebelumnya beliau telah mengembangkan kawasan Ancol,yang dulunya rawa jadi kawasan elit dan wisata terkenal sampai sekarang ini.

Tak hanya dibidang properti,pendiri Ciputra Grup ini juga sangat berjasa bagi Indonesia dengan ikut memajukan dunia olahraga dan pendidikan.

Pak Ci mendirikan Yayasan Jaya Raya pada tahun 1970 atas izin gubernur Jakarta saat itu,Ali Sadikin. Yayasan ini menungi klub sepakbola Jakarta Raya yang kemudian melahirkan pesepakbola handal seperti Anjas Asmara dan  Sofyan Hadi.

Tapi pak Ci ternyata tak terlalu cocok dengan dua cabang olahraga di atas dan memutuskan untuk mengurus cabang olahraga bulu tangkis yang saat itu telah sukses meraih piala Thomas tahun 1958 dan membuatnya kagum.

Setelah mendapat restu dari gubernur Ali Sadikin juga,maka lahirlah "PB Jaya Raya" pada tahun 1976. Tapi ternyata klub bulu tangkis pimpinan Rudy Hartono ini menghadapi banyak kesulitan hingga nyaris tutup pada tahun 1980.

Dan satu-satunya atlet yang tersisa  adalah Susi Susanti. Namun Susi Susanti inilah yang kemudian sukses dan menjadi legenda bulu tangkis yang tak tertandingi dengan banyak mengukir prestasi kelas dunia.

Selain Susi Susanti,atlet sukses lain dari klub PB Jaya Raya ini adalah Mia Audina,Tony Gunawan,Candra Saputra,Deyana Lomban,Halim Budiarto,Markis Kido dan Hendra Setiawan.

Dibidang pendidikan Pak Ci mendirikan "Universitas Ciputra" pada 7 Februari tahun 1990 di Surabaya,Jawa Timur. Universitas ini khusus mempelajari dunia kewirausahaan atau entrepreneurship.

Ciputra memang pengusaha dan filantropis sukses. Lewat Metropolitan Grup,Jaya Grup dan Ciputra Grup,ia telah jatuh bangun membangun karirnya hingga mengantarkannya menduduki peringkat ke 27 orang terkaya di Indonesia versi majalah Forbes tahun 2011.

Apa Sih Artinya Filantropis Itu?

Nah bagi kalian yang tidak tahu arti kata filantropis yang disematkan pada pak Ciputra akan kita kasih gambaran maksudnya. Filantropis berasal dari bahas Yunani Philein yang berarti "Cinta" dan antrophos yang berarti manusia.

Jadi Filantropis yang dimaksud berarti seorang manusia,biasanya pengusaha kaya yang senang beramal alias mendanai kegiatan sosial dan kegiatan lain yang bermanfaat bagi orang banyak bahkan kemajuan suatu bangsa. Berikut profil lengkapnya.

Profil Lengkap Pak Ciputra

Nama Lahir : Tjie Tjin Hoan
Nama setelah 25 tahun : Ciputra
Lahir : Sulawesi Tengah 24 Agustus 1931
Meninggal : Singapura,27 November 2019
Ayah : Tjie Siem Poe
Ibu : Lie Eng NioIstri : Dian Sumeler
Anak : 
Rina Ciputra Sastrawinata
Junita Ciputra
Cakra Ciputra
Candra Ciputra
Pendidikan :
SD : Sekolah Belanda di Gorontalo
SMP: SMP Frater Don  Bosco Manado
SMA: SMA Frater Don Bosco Manado
Universitas : Institut Tekhnologi Bandung
Pekerjaan ;
Pengusaha pendiri Ciputra Grup,Metropolitan Grup dan Jaya Grup
Filantropis : 
Pendiri yayasan Jaya Raya yang melahirkan PB Jaya Raya

0 Response to "Profil Pengusaha dan Filantropis Ciputra Pembangun Ancol,Pondok Indah Dan BSD"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel