Apa Sih Film Biopik Itu?

Apa Sih Film Biopik Itu?
Poster Film A Man Called Ahok

Para pecinta film tengah di manjakan dengan kehadiran dua film biopik yang meraup banyak penonton. Yang pertama adalah Film hollywood Bohemian Rhapsody dan yang kedua film biopik lokal dari mantan gubernur DKI Jakarta, A Man Called Ahok.
Lalu apa sih film biopik itu?


Pengertian Film Biopik


Film biopik merupakan film bergenre biografi seorang tokoh maupun musisi terkenal dengan bumbu dramatisasi. Film Biopik atau biopic,merupakan kependekan kata,kepanjangannya adalah biographical motion picture.

Tokoh terkenal yang difilmkan  tersebut bisa jadi sudah meninggal atau pun masih hidup. Selain itu tokoh dalam filmnya bisa dimainkan oleh orang lain atau diri mereka sendiri.
Film yang tokohnya memerankan film biopic nya sendiri disebut autobiopics

Contoh-contoh film biopik yang tokohnya dimainkan oleh orang lain

1. Bohemian Rhapsody
Film yang mengangkat perjalanan karir bermusik band legendaris Queen,dengan sosok vokalis fenomenalnya Freddie Mercury

Film yang mengisahkan kehidupan masa kecil dan kehidupan keluarga mantan gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Film ini dibintangi oleh Daniel Mananta.

3. Che ( Film tentang CheGuevara)
Film Che mengangkat kisah tokoh pejuang revolusi asal Argentina "Che Guevera" yang difilmkan tahun 2008. Film ini dibintangi oleh Benicio Del Toro.


Disutradarai oleh Mel Gibson,film biopic ini mengisahkan tentang Desmond T. Doss,seorang tentara yang tak mau mengangkat senjata selama perang dunia 2,dan akhirnya jadi tentara medis Amerika Serikat yang berjasa menyelamatkan banyak tentara yang terluka.


Contoh-contoh film auto biopics diantaranya:


1. The Greatest

Sebenarnya ada beberapa film tentang petinju Muhammad Ali,tapi The Greatest yang dibuat pertama kali. Film ini menceritakan tentang Muhammad Ali yang berjuang untuk memenangkan turnamen Olympic,dan bagaimana dia memutuskan untuk memeluk agama Islam.

Film tentang petinju Muhammad Ali lain,diantaranya :When We are Kings (1996),Ali (2001),Facing Ali (2009) dan Muhammad Ali's Greatest Fight (2013)

2. The Jackie Robinson Story

Film yang menceritakan tentang pemain baseball kulit hitam (keturunan Afrika-Amerika) pertama yang bermain di liga utama baseball di Amerika (Major League Baseball). Perlakuan rasis yang ia terima dibalasnya dengan prestasi gemilang di dunia baseball.

Bukan berarti film biopic ini banyak rekaannya,dan tidak berdasarkan kisah nyata,namun film ini mengalami dramatisasi untuk membuat film lebih menarik dan pesan lebih tersampaikan.
Nah dramatisasi inilah yang kadang membuat orang-orang yang bersangkutan dengan tokoh yang difilmkan,kadang melayangkan protes. Selain membuka celah nyinyir buat netizen atau musuh politik si tokoh tersebut.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel