Daftar Gereja dan Masjid Bawah Tanah Unik Di Indonesia

Tempat ibadah memang merupakan kebutuhan pokok bagi semua umat beragama. Berbagai negara berlomba-lomba membuat bangunan ibadah yang tidak hanya megah,tapi unik dan indah untuk memenuhi kebutuhan para pemeluknya,sekaligus menarik wisatawan.

Namun tempat-tempat ibadah berikut ini jadi unik,bukan hanya karena bentuk bangunannya,melainkan karena lokasinya yang ada di perut bumi.
Bangunan masjid dan gereja ini dibangun dengan arsitektur yang nyentrik dan unik di kedalaman bawah tanah dan semuanya ada di Indonesia. Penasaran..?"

Daftar Gereja dan Masjid Bawah Tanah Yang Unik Di Indonesia

1.Masjid Sumur Gumuling Taman Sari Jogjakarta

Gereja dan Masjid Bawah Tanah Unik Di Indonesia
doc : jelajahjogja.com

Masjid ini berada di kawasan Keraton Jogja,tepatnya di kawasan pemandian Taman Sari Jogjakarta.
Masjid ini berada di bawah tanah dan ada tangga berjumlah lima yang mengelilingi masjid bawah tanah Tamansari ini,yang menandakan jumlah rukun islam.

2. Masjid Goa Muhammad Mojokerto

Gereja dan Masjid Bawah Tanah Unik Di Indonesia
doc: jawatimuran.wordpress.com

Masjid Goa Muhammad berada dibawah Masjid Agung Wisnu Manunggal Mojosari,Mojokerto. Untuk menuju Masjid Goa Muhammad,Anda harus menuruni tangga yang ada di gapura sebelah timur Masjid Agung Wisnu Manunggal.

Masjid Goa Muhammad yang berada dibawah tanah ini sering digunakan untuk ibadah malam seperti i,tikaf karena suasananya lebih tenang.

3. Masjid Baabul Munawwar  Papua

Gereja dan Masjid Bawah Tanah Unik Di Indonesia
Doc : slank.com

Masjid yang dimiliki oleh PT. Freeport ini tentu saja berada di wilayah pertambangan mereka,tepatnya di kedalaman 1700 M dibawah permukaan bumi. Masjid tersebut dinobatkan sebagai masjid berlokasi terdalam di dunia.

4. Masjid Achabul Kahfi Perut Bumi Al Maghribi

Gereja dan Masjid Bawah Tanah Unik Di Indonesia
Doc : visitingtuban.blogspot.co.id

Masjid yang dulunya goa ini sekarang  jadi tempat ibadah umat islam yang sangat indah. Lokasi tepatnya ada Jl. Gedongombo ,Semanding,Tuban,Jawa Timur.

Ukiran kaligrafi,tiang-tiang masjid yang kokoh dan indah dipadukan dengan stalagtit yang unik.
Meski berada dibawah tanah tapi masjid ini dipenuhi cahaya lampu yang terang dan indah. Lantainya pun bersih dan nyaman dengan dilapisi karpet.

5. Gereja Oikumene Soteria

Gereja dan Masjid Bawah Tanah Unik Di Indonesia
doc : PT. Freeport Indonesia
Gereja ini juga milik PT. Freeport Indonesia yang dibangun bersama-sama dengan masjid Baabul Munawwar. Lokasi Gereja Oikumene Soteria tepat di samping masjid tersebut. Kedua bangunan tersebut memang diresmikan secara bersama-sama tahun 2015 kemarin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel