Asal usul Aturan Kenapa Pengendara Motor Harus Menyalakan Lampu Meski Siang Hari

Asal usul Aturan Kenapa Pengendara Motor Harus Menyalakan Lampu Meski Siang Hari

Beberapa waktu lalu ada berita unik mengenai seorang pemuda yang marah karena di tilang polisi,gara-gara tidak menyalakan lampu motornya di siang hari.

Mahasiswa bernama Eliadi dan Ruben tersebut bahkan menggugat ke MK agar peraturan selalu menyalakan lampu depan motor di siang hari tersebut dicabut. Mereka beralasan peraturan tersebut membuat boros aki pada motornya. Sebenarnya bagaimana sih awalnya peraturan lampu motor harus nyala di siang hari ini muncul?

Asal Usul Peraturan Lampu Motor Harus Nyala Di Siang Hari

Eliadi Dan Ruben  mahasiswa UKI tersebut mempermasalahkan dua pasal undang-undang yang menjerat mereka. Sebelumnya kita pahami dulu 2 pasal yang digugat dari undang-undang lalu lintas tersebut.

Pasal 107 ayat 2:

Pengemudi Sepeda Motor selain mematuhi ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) wajib menyalakan lampu utama pada siang hari.

Pasal 293 ayat 2 Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor di Jalan tanpa menyalakan lampu utama pada siang hari sebagaimana dimaksud dalam Pasal 107 ayat (2) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 15 (lima belas) hari atau denda paling banyak Rp100.000,00 (seratus ribu rupiah).

Kedua pasal tersebut terdapat pada UU LLAJ NO.22 yang disahkan pada tahun 2009,tapi peraturan menyalakan lampu di siang hari ini resmi berlaku,setahun setelahnya yakni pada tahun 2010.

Aturan menyalakan lampu motor pada siang hari ini juga berlaku di negara-negara Eropa,Norwegia Kanada,Swedia,negara bagian California,Amerika Serikat,Australia dan Alabama dengan nama aturan Day Running Light (DRL).

Aturan unik ini awalnya diterapkan oleh pengguna mobil-mobil mewah agar pengendara lain responnya cepat sehingga tidak menyeruduk mobil mahal mereka.

Alasan Dan Manfaat Harus Menyalakan Lampu Motor Di Siang Hari

1. Meningkatkan Visibilitas Bagi Pengendara Jalan Lain

Dengan selalu menyalakan lampu motor,maka pengguna jalan lain seperti pengendara mobil dan transportasi lain,lebih jelas melihat keberadaan motor Anda,sehingga bisa menjaga jarak aman untuk menghindari kecelakaan

2. Melihat Objek Di Jalan Lebih Jelas

Sebenarnya ini hampir sama dengan yang di atas,namun ini tentu saja juga bermanfaat bagi pengendara yang menyalakan lampu motornya tersebut,sehingga ia bisa melihat objek di depannya dengan lebih jelas,untuk menghindari kecelakaan.

Peraturan ini bukannya tidak berdasar,karena berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Komisi Kecelakaan Di Eropa,DRL mampu mengurangi angka kecelakaan yang melibatkan kendaraan bermotor sebanyak 73%.


0 Response to "Asal usul Aturan Kenapa Pengendara Motor Harus Menyalakan Lampu Meski Siang Hari"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel