Asal Usul Masjid Biru Di Rusia Dinamai Masjid Soekarno

Asal Usul Masjid Biru Di Rusia Dinamai Masjid Soekarno

Rusia merupakan salah satu negara pecahan Uni Soviet yang paling terkenal,karena memiliki wilayah yang termasuk paling luas di dunia,punya teknologi maju,termasuk cadangan nuklirnya yang terkenal.

Meskipun dulunya Rusia ini termasuk kedalam Uni Soviet yang punya paham komunis,ternyata banyak juga masyarakat Rusia yang memiliki berbagai macam agama.

Masyarakat Rusia memang multi kultural,punya berbagai macam kebudayaan termasuk kepercayaan yang dianutnya. Tak heran banyak bangunan gereja dan ada masjid juga di sana.

Mereka kebanyakan menganut agama Kristen Ortodox dan ada juga yang beragama Islam karena banyak penduduknya yang berasal dari kawasan Timur Tengah. Mengingat wilayah mereka memang berbatasan dengan negara Asia bagian utara.

Rusia memiliki alam yang sangat indah dipadu dengan bangunan-bangunan kuno yang menakjubkan,termasuk diantaranya bangunan gereja dan masjidnya yang unik. 

Salah satu bangunan masjid yang terkenal adalah Blue Mosque yang berada di kawasan kota terindah Rusia yakni kota Sankt Petersburg

Masjid yang dihiasi ornamen dan keramik dominan warna biru tersebut dinamakan juga dengan nama "Masjid Soekarno". Kanapa masjid tua nan megah di Rusia tersebut dinamai Masjid Soekarno?

Asal Usul Nama Masjid Soekarno di Rusia

Presiden pertama Indonesia Soekarno memang sangat terkenal karismanya di luar negeri. Banyak sekali jejak beliau yang diabadikan di luar negeri,termasuk di sebuah masjid di Rusia ini.

Menurut sejarah,dulu saat perang dunia ke II berlangsung,Uni Soviet menutup bangunan gereja dan masjid dan menjadikannya sebagai gudang.

Pada tahun 1956,presiden Soekarno pertama kali mengunjungi Rusia,salah satunya ke kota Sankt Petersburg yang dulu masih bernama Linengrad. 

Kota ini memang sangat indah dengan landmark bangunan yang megah seperti,istana musim panas dan istana musim dingin,namun yang menarik hati pak Karno adalah bangunan masjid yang dijadikan gudang sejak pemerintahan komunis Uni Soviet.

Melihat pemandangan menyedihkan tersebut,Pak Soekarno akhirnya menemui pemimpin Soviet kala itu Nikita Khruschev. Ia menyampaikan keinginannya.

Presiden Soekarno berkata bahwa Ia bersedia datang kembali ke Rusia,jika masjid tersebut dihidupkan kembali. Maksudnya fungsinya dikembalikan menjadi masjid seperti semula.

Ternyata keinginan pak Karno dikabulkan pemimpin Soviet tersebut. Sekembalinya presiden Indonesia tersebut,masjid kembali dibersihkan dan dipulihkan fungsinya menjadi masjid. 

Untuk mengenang jasa beliau,masjid biru atau Blue Mosque di Rusia ini pun akhirnya dinamakan Masjid Soekarno.

Buat teman-teman yang punya keinginan mengunjungi Rusia,bisa mampir untuk mengunjungi masjid unik yang memiliki ornamen bernuansa biru yang sangat indah dengan 2 menara menjulang nan gagah tersebut di kota Sankt Petersburg..



0 Response to "Asal Usul Masjid Biru Di Rusia Dinamai Masjid Soekarno"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel